Pages

Subscribe Twitter

Minggu, 31 Oktober 2010

Teknologi Komunikasi nirkabel



Evolusi mengesankan jaringan bergerak dan potensi multimedia nirkabel
komunikasi mengajukan banyak pertanyaan kepada para operator, produsen, dan
ilmuwan yang bekerja di lapangan. Skenario masa depan terbuka untuk beberapa alternatif:
pikiran, proposal, dan kegiatan waktu dekat bisa memberikan jawaban
poin terbuka dan mendikte tren masa depan dunia nirkabel.
Buku ini telah dipahami sebagai sebuah alat melalui multilayer teknis
isi dan unsur-unsur visi-bagi mereka yang baik mungkin ingin berkontribusi
dengan definisi dan pengembangan skenario masa depan atau hanya untuk menyadari
itu. pada komunikasi multimedia nirkabel masa depan,
mendukung semua layanan multimedia, seperti data, grafis, audio,
gambar, dan video, untuk berbagai jenis pengguna:
(1) pengguna tidak secara fisik ditransfer ke jaringan,
(2) pengguna dapat mengakses jaringan dari berbagai lokasi (yaitu,pengguna nomaden)dan
(3) pengguna dapat mengakses jaringan sementara bergerak (misalnya,
pengguna ponsel).
Pada 2003-2005 pasar layanan multimedia mobile akan mengalami
peningkatan yang besar, terutama didorong oleh layanan data berbasis internet [1-3]. The
perspektif masyarakat informasi saat ini panggilan bagi multiplisitas perangkat,
termasuk Internet Protocol (IP)-diaktifkan peralatan rumah, kendaraan, pribadi
komputer, sensor, aktuator, yang semuanya harus terhubung secara global. Saat ini
sistem mobile dan nirkabel dan konsep arsitektur harus berkembang di
Untuk mengatasi dengan persyaratan konektivitas kompleks. Penelitian ilmiah
dalam bidang ini benar-benar multidisiplin berkembang cepat. Teknologi baru, arsitektur baru
konsep, dan tantangan baru yang muncul [4-8]. Sebuah band yang lebih luas
pengetahuan, mulai dari lapisan yang berbeda dari stack protokol, diperlukan oleh ahli yang terlibat dalam penelitian, desain, dan aspek pengembangan nirkabel masa depan
jaringan.

Evolusi Jaringan Mobile
Pencapaian utama dalam evolusi jaringan bergerak, bergerak dari
generasi kedua (2G) sistem terhadap generasi ketiga (3G) melalui
yang disebut "berevolusi" 2G, yang disorot dalam apa yang berikut. Bagian dari
generasi ke generasi tidak hanya ditandai dengan peningkatan
kecepatan data, tetapi juga oleh transisi dari murni-circuit switched (CS) sistem
CS-voice/packed data dan sistem IP-core berbasis.

Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.[rujukan?] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Perkembangan Teknologi Komunikasi


Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok.Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Saat ini terjadi persaingan yang ketat antara 2 teknologi komunikasi yaitu selular dan FWA (fixed Wireless Access).Adapun perkembangan teknologi komunikasi terutama teknologi selular sudah di mulai sejak pertengahan tahun 90 an dengan mengusung teknologi 1G (Generasi Pertama) dengan menggunakan teknologi AMPS (Advance Mobile Phone System). Dimana teknologi AMPS ini pertama kali dipergunakan oleh pihak militer di Amerika Serikat.

Dalam kurun waktu 10 tahun sejak lahirnya AMPS suda terjadi perkembangan yang sangat pesat dengan berbagai penemuan atau inovasi teknologi komunikasi dan , akhir tahun 90 an muncullah teknologi 2G (Generasi Kedua). perbedaan utama dari teknologi G1 dan G2 adalah g1 masih menggunakan sistem Analog sedangkan G2 sudah menggunakan sistem Digital. Teknologi 2G dapat dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu TDMA (time division multiple access) dan CDMA (code division multiple access). TDMA sendiri berkembang ke dalam beberapa versi, yaitu GSM di Eropa, IDEN di Amerika, PDC di Jepang. Sedangkan CDMA berkembang pesat di AS dan Kanada. Kemampuan mencolok teknologi 2G adalah tidak hanya dapat digunakan untuk telpon,(voice) tetapi juga untuk mengirim SMS (Short Message Service) yaitu mengirim pesan singkat dengan menggunakan text.Dengan adanya kehadiran teknologi generasi kedua, maka muncullah telnologi selular yg baru yaitu, GSM (Global System for Mobile communications) Suatu sistim komunikasi wireless 2G. Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah 850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz. Generasi selular kedua yang mempebaharui generasi pertama dalam bidang teknologinya yaitu digital, yang pada teori dasarnya merupakan pembaharukan dalam bidang transfer data, contohnya adalah GSM (menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE) dan cdmaOne.Dengan adanya teknologi Generasi Kedua ini membuat perkembangan teknologi semakin cepat dengan menghadirkan berbagi kelebihan/fitur yang ditawarkan teknologi generasi kedua ini selain mengirim SMS dan voice. Tapi semua kelebihan ini juga masih belum memuaskan para ahli untuk mengembangkan teknologi yang lebih bagus dengan segala kelebihannya dri teknologi terdahulu (generasi pertama dan kedua).

Maka awal tahun 2000 an muncullah teknologi generasi 2.5 (2.5 G) yang mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) Suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistim wireless GSM. Dalam teorinya kecepatan transfer data EDGE dapat mencapai 384 Kbps. Teknologi 2G ada perbaikan cukup signifikan, sehingga muncullah variannya, yaitu 2.5G dan 2.75G. Varian ini tidak dibuat oleh konsorsium, tetapi sebagai strategi pemasaran oleh beberapa pabrik ponsel. Ciri khas teknologi 2.5G (generasi dua setengah) adalah teknologi GPRS (global package radio service) yang dapat digunakan untuk berkirim data dalam jumlah besar, tidak seperti SMS yang hanya dapat mengirim dan menerima alfa numerik saja. Generasi 2.5G ini ada juga yang menamakannya dengan generasi 2.75G, karena lebih dekat dengan teknologi 3G. Teknologi 2.5G (atau 2.75G) ini, di sistem GSM disebut sistem EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) sedang pada sistem CDMA disebut dengan CDMA 2000 1x. Keduanya memiliki kecepatan transfer data mendekati 144KB/detik. Evolusi dan perkembangan teknologi komunikasi ini tidak berhenti sampai disini, Negara-negara besar di Dunia baik itu Eropa, Asia & Amerika secara berlomba-lomba mengembangkan inovasi dan penelitian untuk menghadirkan teknologi yang mutakhir. Setelah adanya teknologi Generasi Pertama, Kedua dan teknologi 2.5 G, maka disusul kemudian dengan Generasi Ketiga (3G) yang menawarkan kelebihan yg lebih baik lagi baik dari segi kemampuan fitur dan Transfer Data dengan memiliki kecepatan Transfer data lebih cepat dari sebelumnya dalam menghadirkan layanan yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan.

Sistem Evolved Generasi Kedua
sistem generasi kedua merupakan milestone dalam dunia ponsel, sesuai
pengenalan komunikasi selular digital. Evolusi
dari generasi pertama (1G) dari sistem analog berarti bagian itu ke sistem baru,
tetap menjaga layanan yang ditawarkan sama: suara.
Keberhasilan sistem 2G, yang memperpanjang Public Switched tradisional
Telepon Network (PSTN) atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu (ISDN)
dan memungkinkan untuk nasional atau bahkan roaming mulus di seluruh dunia dengan sama ponsel, telah sangat besar.

paling sukses sistem selular mobile digital sekarang ini adalah Global System for
Komunikasi mobile (GSM) [9-11] dengan pengguna di lebih dari 174 negara.
Pada tahun 2001 lebih dari 600 juta pelanggan yang dilaporkan, dan proyeksi memberikan jumlah pelanggan lebih dari 1 miliar pada tahun 2003. GSM adalah satu-satunya digital sistem di Eropa, dengan lebih dari 320 juta pengguna.
Di Jepang Personal Digital Cellular System (PDC) dioperasikan. Dalam
Amerika Serikat pasar digital dibagi menjadi beberapa sistem, pembagian waktu
multiple access (TDMA) berbasis, kode divisi multiple akses (CDMA)-based,
dan GSM sistem. fragmentasi ini telah menyebabkan masalah berat tentang cakupan
dan ketersediaan layanan. Sekitar 32% dari pelanggan mobile di Amerika
Serikat dan Kanada masih menggunakan analog Advanced Mobile Phone Service (AMPS)
sistem [12].
2G sistem mobile masih terutama digunakan untuk lalu lintas suara. Dasar versi
biasanya mengimplementasikan layanan circuit-switched, terfokus pada suara, dan hanya menawarkan Tingkat data rendah (9,6-14,4 Kbps). Transisi data teknologi antara 2G dan 3G telah diusulkan untuk mencapai tingkat data yang lebih cepat cepat dan biaya yang lebih rendah daripada sistem generasi ketiga. Sistem berkembang dicirikan oleh kecepatan data yang lebih tinggi (64-384 Kbps) dan
modus data paket. Dalam apa yang berikut, beberapa teknologi berkembang utama dari sistem 2G adalah disorot dalam rangka untuk menyediakan pembaca rasa langkah-kunci dalam evolusi jalur jaringan bergerak menuju era multimedia.

netralitas Jaringan (juga netralitas bersih, netralitas Internet) adalah prinsip yang diusulkan untuk jaringan akses pengguna yang berpartisipasi dalam internet yang pendukung ada pembatasan oleh penyedia layanan Internet dan pemerintah pada konten, situs, platform, jenis peralatan yang mungkin terpasang, dan modus komunikasi diperbolehkan.

Prinsip tersebut menyatakan bahwa jika seorang pengguna tertentu membayar untuk tingkat tertentu akses Internet, dan pengguna lain membayar tingkat akses yang sama, maka dua pengguna harus dapat terhubung ke satu sama lain pada tingkat berlangganan akses.

Meskipun istilah ini tidak memasukkan penggunaan populer sampai beberapa tahun kemudian, sejak awal 2000-an pendukung netralitas bersih dan aturan yang terkait telah menimbulkan kekhawatiran tentang kemampuan penyedia layanan broadband untuk menggunakan infrastruktur last mile mereka untuk memblokir aplikasi Internet dan konten (misalnya, situs web, jasa, protokol), khususnya para pesaing. Di Amerika Serikat khususnya, tetapi juga di tempat lain, kemungkinan peraturan yang dirancang untuk mandat netralitas internet telah dikenakan perdebatan sengit.

Netralitas pendukung mengklaim bahwa perusahaan-perusahaan telekomunikasi berusaha untuk memberlakukan model pelayanan berjenjang untuk mengontrol pipa dan dengan demikian menghapus persaingan, membuat kelangkaan buatan, dan mewajibkan pelanggan untuk membeli jasa mereka dinyatakan tidak kompetitif. Banyak yang percaya netralitas bersih yang terutama penting sebagai pelestarian kebebasan saat ini. Vinton Cerf, dianggap sebagai "bapak Internet" dan co-penemu Internet Protocol, Tim Berners-Lee, pencipta Web, dan banyak orang lain telah berbicara dalam mendukung netralitas jaringan.

Para penentang netralitas bersih mencirikan peraturan sebagai "solusi untuk mencari masalah", dengan alasan bahwa penyedia layanan broadband tidak memiliki rencana untuk memblokir konten atau menurunkan kinerja jaringan Meskipun klaim ini,. Penyedia layanan internet tertentu telah sengaja diperlambat peer-to-peer (P2P) komunikasi. Masih perusahaan lain telah bertindak berbeda dengan pernyataan ini perilaku tangan-off dan mulai menggunakan inspeksi paket yang mendalam untuk melakukan diskriminasi terhadap P2P, FTP dan game online, melembagakan sel- ponsel gaya sistem penagihan overages, free-to-telekomunikasi "nilai tambah" layanan, bundling dan Kritik netralitas bersih juga berpendapat bahwa diskriminasi data dari beberapa jenis, terutama untuk menjamin kualitas pelayanan,. tidak bermasalah, tetapi sebenarnya sangat diinginkan. Bob Kahn menyebut istilah netralitas bersih "slogan" dan menyatakan bahwa ia menentang mendirikan itu, namun ia mengakui bahwa ia bertentangan dengan fragmentasi dari jaring kapan ini menjadi tidak termasuk ke peserta lain.


High-Speed Circuit-Switched Data

Dalam kerangka teknologi 2G, High-Speed Circuit-Switched Data
(HSCSD) berasal dari kebutuhan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan lambatnya GSM di transmisi data.Bahkan, GSM mendukung transmisi data dengan kecepatan data hingga 9,6-14,4 Kbps dalam mode circuit-switched dan transfer di saluran signaling smallsize paket (hingga 160 karakter).
HSCSD diusulkan oleh ETSI pada awal 1997. Ide utama adalah untuk mengeksploitasi
lebih dari satu kali slot di paralel antara delapan slot waktu yang tersedia dengan
proporsional peningkatan kecepatan data [13, 14]. HSCSD memungkinkan pengguna untuk
akses, misalnya, sebuah LAN perusahaan, mengirim dan menerima e-mail, dan mengakses
Internet sementara di pindahkan. Saat ini tersedia untuk 90 pelanggan jutaan
di 25 negara.Di sisi lain, layanan HSCSD tidak efektif mengambil keuntungan dari
sifat bursty lalu lintas (misalnya, browsing Web, e-mail, WAP). Saluran
dilindungi undang-undang selama koneksi. Selain itu, eksploitasi lebih banyak waktu
slot per pengguna dalam mode circuit-switched mengarah pada penurunan drastis salurantersedia untuk pengguna suara.

i-mode
Sebuah sukses besar di Jepang telah mendapatkan layanan i-mode, diperkenalkan pada
awal 1999, yang disediakan oleh modus komunikasi packet-switched dari
sistem PDC [15]. I-mode maka merupakan langkah transisi PDC
menuju 3G.
Layanan i-mode HTML menggunakan protokol kompak, sehingga meringankan
interface ke Internet. Pelanggan dapat mengirim / menerima e-mail dan akses yang besar berbagai transaksi, hiburan dan layanan database terkait, browsing
Situs web dan halaman rumah. i-mode yang sangat user-friendly dan semua instruksi dapat dikelola oleh hanya 10 kunci.

General Packet Radio Service dan Enhanced Data Rates untuk GSM

Evolusi
General Packet Radio Service (GPRS) dan Enhanced Data Rates untuk GSM Evolution
(EDGE) telah diperkenalkan sebagai teknologi data transisi untuk
evolusi GSM (Gambar 1.1).
GPRS adalah mode paket ekstensi untuk GSM, mendukung aplikasi data
dan memanfaatkan infrastruktur jaringan yang sudah ada dalam rangka untuk menyelamatkan
operator investasi.
GPRS kebutuhan untuk adaptasi yang sederhana di tingkat radio antarmuka jaringan GSM.
Namun, mengadopsi saluran fisik baru dan pemetaan ke fisik
sumber daya, serta manajemen sumber daya radio baru [16-18]. Baru fisik
saluran disebut 52-multiframe dan terdiri dari dua 26 multiframes kontrol
GSM suara-mode.

Papan perangkat keras baru untuk
BSC disebut paket data unit (PDU) dan fungsi utama mereka adalah sebagai berikut:
Saluran radio GPRS manajemen (misalnya, set-up/release); multiplexing pengguna
di antara saluran yang tersedia; kontrol daya, kontrol kongesti, siaran
sistem informasi ke sel, dan GPRS sinyal dari / ke MS, basis
Tranceiver Station (BTS) dan SGSN.
Evolusi dari GPRS akan berada di arah meningkatkan QoS
dengan menerapkan beberapa konsep milik sistem mobile 3G (seperti
connection-oriented QoS) [19], skema coding kuat, dan lebih spektral
skema modulasi efisien, sehingga memberikan pengguna dengan layanan lebih dekat ke
real-time layanan [22].
Di jalur evolusi untuk sistem 3G, EDGE dapat dilihat sebagai udara yang generik
interface untuk penyediaan efisien laju bit yang lebih tinggi, sehubungan dengan GSM,
walaupun dengan menggunakan kembali bandwidth carrier GSM yang sama [23-27]. A GSM khas
operator jaringan deploying EDGE memiliki jaringan GSM berjalan, dimana EDGE
dapat diperkenalkan dengan sedikit usaha dan biaya.
EDGE menggunakan skema modulasi ditingkatkan, sehubungan dengan GSM, untuk
meningkatkan bit rate bruto pada interface udara dan efisiensi spektral dengan
implementasi moderat kompleksitas. tarif data sampai dengan 384 Kbps menggunakan
carrier yang sama lebar 200-kHz dan frekuensi yang sama seperti GSM (yaitu, tingkat data
48 Kbps per slot waktu yang tersedia) dapat tercapai.
EDGE dapat diperkenalkan secara bertahap, menawarkan beberapa saluran yang dapat
beralih antara EDGE dan GSM / GPRS. Ini akan mengurangi kapasitas dan data baik
Tingkat kemacetan sedemikian rupa sehingga Internet dan layanan kecepatan bit rendah audio-visual
menjadi layak secara on-demand. EDGE juga akan memfasilitasi "semalam
pengiriman "dari file audio berkualitas tinggi [26].

Sistem Generasi Ketiga
Evolusi dari 2G ke 3G ditandai oleh perubahan revolusioner
fokus dari suara untuk layanan multimedia mobile, dengan dukungan simultan
beberapa kelas QoS dalam antarmuka radio tunggal.
sistem generasi ketiga dapat menyediakan kecepatan data yang lebih tinggi, sehingga memungkinkan jauh lebih luas dari layanan [28-33]. Berikut jenis layanan memiliki
telah diidentifikasi:
• Dasar dan layanan suara yang disempurnakan termasuk aplikasi seperti audio
conferencing dan voice mail;
• Rendahnya tingkat layanan data pendukung pesan, e-mail, faksimili;
• Sedang pelayanan yang prima data untuk transfer file dan akses Internet dengan harga pada
urutan 64 to144 Kbps;
layanan data tingkat tinggi untuk mendukung paket berkecepatan tinggi dan rangkaian yang berbasis
akses jaringan, dan untuk mendukung konferensi video berkualitas tinggi pada tingkat
lebih tinggi dari 64 Kbps;
• Multimedia jasa, yang menyediakan video bersamaan, audio, dan data
layanan untuk mendukung aplikasi interaktif canggih;
• Multimedia jasa, juga mampu mendukung perbedaan kualitas
persyaratan servis untuk aplikasi yang berbeda.
Pada tahun 1985 International Telecommunication Union (ITU) mendefinisikan
visi untuk sistem seluler 3G, pada awalnya disebut Future Umum Tanah Mobile Telekomunikasi Sistem (FPLMTS) dan kemudian berganti nama menjadi International Mobile Telekomunikasi-2000 (IMT-2000). ITU memiliki dua tujuan utama untuk Sistem nirkabel 3G: roaming global dan layanan multimedia. Dunia Administrasi Radio Konferensi (WARC'92) mengidentifikasi 1.885 untuk 2025 dan 2.110 untuk 2.200 MHz sebagai pita frekuensi yang harus tersedia di seluruh dunia untuk sistem IMT-2000 baru. Band-band ini akan dialokasikan dengan cara yang berbeda di berbagai daerah dan negara [28]. Sebuah alokasi spektrum umum bersama dengan interface umum udara dan desain protokol roaming di seluruh dunia dapat mencapai kemampuan roaming global. Untuk mendukung multimedia secara bersamaan baru layanan yang membutuhkan kecepatan data yang lebih tinggi dan QoS lebih baik dari onlyvoice jasa, membayangkan sistem 3G nirkabel:
• Layanan tinggi data rate: sampai 384 Kbps untuk pengguna ponsel, dan 2 Mbps
untuk pengguna tetap, meningkat menjadi 20 Mbps;
• Meningkatkan efisiensi spektral dan kapasitas;
udara • interface fleksibel serta pengelolaan sumber daya lebih fleksibel.
Kompatibilitas dengan sistem 2G juga merupakan salah satu tujuan utama dari sistem 3G.
inisiatif yang berbeda mencoba untuk menyatukan berbagai proposal disampaikan kepada
ITU pada tahun 1998 dari ETSI untuk Eropa, Asosiasi Industri dan Penyiaran Radio
(ARIB) dan Teknologi Telekomunikasi Council (TTC) untuk
Jepang, dan Institut Standar Nasional Amerika (ANSI) untuk Amerika Serikat.
1.1.2.1 Sistem Telekomunikasi Universal Mobile Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) adalah versi Eropa IMT-2000. UMTS Terrestrial Radio Access (UTRA) telah disetujui oleh ITU Mei 2000 [21]. Tingkat chip khas dari 3,84 MCPs digunakan untuk Alokasi pita 5-MHz [34]. Wideband CDMA (W-CDMA) [28-31, 34-36],didukung oleh kelompok-kelompok di Jepang (ARIB) dan Eropa, dan terbelakang-yang kompatibel dengan GSM, telah dipilih untuk duplex frekuensi divisi UTRA (FDD)sedangkan TD-CDMA telah dipilih untuk divisi duplex waktu UTRA(TDD). Pengenalan mode TDD terutama karena asimetris pita frekuensi yang dirancang oleh ITU. Juga, sifat asimetris lalu lintas data pada link ke depan dan sebaliknya diantisipasi dalam generasi berikutnya nirkabel sistem (misalnya, aplikasi internet) menunjukkan bahwa modus TDD mungkin disukai atas FDD.

Teknologi komunikasi digital
adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu.


REFERENSI

--> MODUL MATERI NETWORKING
--> http://en.wikipedia.org/wiki/Network_neutrality
--> http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
--> http://ariestacdma.wordpress.com/2007/09/28/perkembangan-teknologi-komunikasi/
--> http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_digital

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

1 komentar:

Unknown mengatakan...

artikel bagus :) izin copy yaa thanks before

Posting Komentar